Komitmen Belajar Menulis

Fungsi utama blog ini adalah untuk belajar. Untuk belajar menulis. Lebih tepatnya mencari, mendokumentasikan dan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan. Sebagai sarana untuk belajar, tentu saja tulisan-tulisan saya ini belum baik. Masih jauh dari baik. Masih membosankan untuk konsumsi publik.

Saya memulai menulis di blog ini pada kira-kira 4 tahun yang lalu. Sudah cukup lama juga ya. Apalagi kalau dihitung dari blog-blog saya sebelum yang ini. Lebih lama lagi. πŸ™‚ Saya tidak akan bilang “seharusnya“. Kalau menggunakan ukuran “seharusnya”, seharusnya tulisan saya sudah tidak terlalu jelek bila melihat kembali kapan saya mulai belajar membuat posting di blog. Tapi sekali lagi saya tegaskan “tidak apa-apa“.

Toh, saya tidak punya latar belakang dan belum pernah belajar menulis secara serius secara formal. Salah sendiri saya dulu mengabaikan pelajaran menulis dalam mata pelajaran bahasa di sekolah.

Adanya sekarang saya hanya berlatih dan berlatih secara mandiri. Secara otodidak. Yang penting mencoba untuk konsisten. Konon untuk bisa melakukan sesuatu dengan baik, selain didukung passion dan totalitas, jam terbang dan lama berlatih tidak kalah penting.

Ada yang bilang diperlukan lama jam terbang berlatih 10.000 jam. Saat ini jumlah semua tulisan yang sudah saya terbitkan di blog ini kira-kira sudah mencapai 1000 -an. Bila 10.000 jam itu benar, dan anggap saya memerlukan waktu rata-rata 30 menit untuk menulis tiap postingan. Maka saya masih harus melewati kira-kira 9.500 jam lagi.

Masih lama ya? Makanya saya juga berusaha menuliskan apa saja dengan topik yang beraneka ragam sekaligus untuk melatih kreatifitas. hehehe

Iklan

16 thoughts on “Komitmen Belajar Menulis

  1. saya juga terus belajar nulis dari ngeblog mas, apapun yang bisa saya tulis pasti saya tulis. demi proses belajar terus berlanjut, komen negative pun saya terima.

  2. Sudah 1000 posting? Keren, Mas. Sangat produktif sekali dalam menulis. Soal menulis saya lebih percaya dengan jam terbang. Artinya walaupun belajar teori sebagus apapun tanpa praktek tetap skill menulis tidak akan terasah, Pena tetap tumpul. Sebaliknya, tanpa belajar teori menulis pun kalau sering menulis maka skill akan meningkat dengan sendirinya. Betul? πŸ™‚

  3. wah banayk banget tuh udah seribu…. saya aja baru seratusan lebih dan jelas g mutunya… ha ha ha

    tapi bagi saya yang penting berbagi walaupun tulisan g begitu bagus. Asalkan nulisnya ikhlas, Insya Allah yang baca juga paham

  4. yang paling sulit dalam menulis adalah menjaga konsistensinya..Kalau udah bisa nulis tiap hari lama kelamaan bisa seperti jenny s bev yang konon katanya tinggal dikasih tau temanya apa langsung mengalir deh tulisan2 indahnya….

  5. Wuidiiih… manngstab bener dah sampai 1000 tulisan…

    Mas, emangnya ada ya aturan atau cara-cara dalam penulisan? Saya baru beberapa bulan menekuni dunia tulis-menulis nih… jadi penasaran…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s