Lutut Keseleo, Apa Obatnya?

Kemarin siang, ketika  sedang menuruni suatu tempat, saya memilih melompat. Tempat itu tidak tinggi-tinggi amat untuk dicapai dengan lompatan. Apesnya kali kiri saya nyangkut. Sehingga saya gagal mendarat dengan sempurna.

Telapak kaki saya tidak mendarat lebih dulu sebagaimana seharusnya. Melainkan bagian sisi dari lutut yang membentur tanah duluan. Kaki terpelintir/terkilir. Atau orang Jawa menyebutnya kecenik. Saya meringis kesakitan dalam beberapa menit sebelum rasa nyeri mereda. Tidak terlihat ada luka memar pada lutut. Tetapi kalau diraba memang baru terasa sakit. Pikir saya, rasa nyeri ini akan berangsur hilang dalam beberapa saat. Dan memang saya bisa meneruskan aktifitas. :)

Namun, setelah semalam saya bangun tidur, kaki saya terasa nyeri bila digerakan dan lutut susah bila diluruskan. Sampai tadi pagi, tiap gerakan iktidal, rukuk dan sujud serta tahiat dalam shalat Subuh seolah benar-benar suatu perjuangan. Tiap perlu gerakan menekuk kaki terasa nyeri dan nyilu.

Tak tahan dengan rasa nyeri ini, pagi tadi saya tertatih-tatih berjalan ke tempat tukang urut di desa dimana saya tinggal. Ke rumah Mbok Yatini. Untuk Anda tahu, Mbok Yatini adalah dukun urut paling tersohor seantero desa.

Haduuuuh! Merasakan urat-urat kaki dan tubuh diurut itu tidak enak. Saya sekali dua mengerang-erang kesakitan. Terlebih ketika lutut saya yang terkilir dicoba diluruskan. Meskipun setelah mencoba diluruskan berulang-ulang, kaki saya jadi lebih mudah digerak-gerakan.

Selain diurut, sebenarnya ada ngga sih, obat yang bisa mempercepat penyembuhan dan pemulihan lulut kaki yang terkilir? Saya ingin pulih secepatnya. Karena dalam beberapa hari ke depan banyak kerjaan yang perlu diselesaikan dengan aktifitas fisik yang intensif. :)

 

 

About these ads

33 thoughts on “Lutut Keseleo, Apa Obatnya?

  1. wah ternyata mas Jawardi punya hobby lompat-lompat toh :mrgreen:

    kalo keseleo atau patah tulang yang memang lukanya luka dalam harus di urut. kalo di sini di urutnya itu pake minyak cimande di jamin langsung sembuh deh bahkan sekalipun lukanya parah. :)

  2. saya dulu pernah pak j, mungkin malah retak juga selain keseleo. tapi cuma diurut adik saya, plus pake minyak cimande. shalat saya sambil duduk karena ga bisa ditekuk sama sekali di bagian lutut. pulih setelah 2 bulan :)

    • @Niken

      @Andi Sakab : sayang di sini saya tidak tahu dimana ada orang jualan minyak Cimande, kalau beli di Bandung di toko online ada ngga? Atau bu Niken mau beliin saya, hehe

      • nah, kalau sekarang saya juga ga tau pak j. adik saya dulu punya karena sewaktu smp ikut ekskul silat cimande di sekolahnya. nanti saya cari tau ya :)

  3. kalo yang ahli pijet malah saat selesai dipijet langsung baikan. walaupun masih terasa sakitnya tapi sudah sangat berkurang. setelah dipijet diolesin minyak but-but atau minyak tawon..kalo setelah diolesi minyak sudah terasa panas..itu tandanya udah mulai baikan tapi kalau belum kayaknya masih perlu waktu yang agak lama atau masih kurang pas pijetannya :)..

  4. Saya belum pernah menjumpai kasus cedera lutut secara langsung, tapi jika dikarenakan oleh benturan, ada sejumlah struktur yang mungkin terlibat. Tapi setidaknya proses peradangan sudah tampak kentara.

    Untuk peradangan bisa dicoba obat anti inflamasi yang dioleskan, mungkin yang berisi natrium diklofenak dosis rendah. Sedangkan untuk perbaikan sisanya, tubuh bisa mengatur sendiri dengan cukup istirahat.

    Namun jika saya sendiri, mungkin saya akan memeriksakan diri saya ke ortopedi, Memastikan tidak ada struktur penyokong di sekitar lutut yang cedera parah.

    • saya hari ini sudah merasa lebih enakan dan bisa berjalan, meski masih tertatih dan sore tadi saya ke apotek membeli obat oleh anti inflamasi. saya beli merk counterpain. ternyata ada banyak sekali merek anti inflamasi oleh di apotek :)

  5. Kalau lutut bukan keseleo tapi kebentur karena yang keseleo itu biasanya yang ada persendian dan memapak di tanah. Aku sendiri pernah keseleo dalam arti yang sebenarnya (menurutku) yaitu pas main bola di pantai. Saat mengejar bola dan karena tanahnya berpasir (di pantai) membuat medan yang saya injak bergeser. Dan hal ini yang menyebabkan kakiku keseleo / terkilir dengan cukup parah. Saat itu juga langsung terlihat merah dan bengkak. Penanggulangan nya ya di bawa di tukang urut sambil diberi olesa minyak gosok cap sembilan muti***. Dan sembuhnya keseleo ku yang ini lumayan lama sampai tahunan dan meninggalkan bekas bengkak di pergelangan kaki kiri saya :lol: :oops: maaf koq jadi curhat

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • kok waktu sembuhnya lama sekali pak, bikin saya takut saja nih. bener pak, masalah kaki saya adalah pada angkle/persendian. jadi dengkul saya memang tidak memar atau lecet :)

  6. Wah turut prihatin deh bro, tapi alhamdulillah kalau sudah mulai baikan. Saya juga nggak tau nih untuk teknik pengobatan yang lebih cepat.

    Pastinya ke depan kalau mau lompat-lompat harus lebih hati2 #hehehe

  7. Saya mnderita kseleo sdh 9thn lamanya dan itu sgt mnganggu aktifitas saya trutama pd saat bkrja. Sdh brkali2 saya dtg ke tukang pijat urat agar bs dismbuhkan trnyata hasilnya nihil.. Kebetulan saya bkerja sbgai terapist spa dan kseleo yg saya alami dpergelangan tangan. Jd klo tmn2 pnya resep atau solusi tolong share yaa. Terima kasih

  8. Hati-hati jangan sampai salah urut dalam rangka mengobati keselo. Salah-salah malah sakitnya makin parah.

    Dateng ke ahli urut terpercaya atau ke dokter sekalian lebih aman :D

  9. Dulu waktu saya kelas 6 SD pernah keseleo pada bagian lutut, saat saya sdg berlari lari saya jatuh dan lutut saya terbentur keras mengenai batu.namun tidak cedera apa2 tapi lama kelamaan saya sering mengalami keseleo, sudah diurut ke mana2 tapi sampai skg sudah 4th lebih lutut saya tdk sembuh total. Bagaimana penanggulangannya min?

  10. sama kayak saya mbak Rinah , saya cedera dilutut bulan November 2011 krna maen futsal trus saya urut ke tukang urut dan sembuh selama 2 bulan berselang. akhir bulan September 2012 saya maen futsal lagi dan ternyata kambuh lagi cedera lama saya. apakah mungkin ada struktur otot yang tekoyak yang belum tersusun secara sempurna..

  11. ni penglmn pribadi,dengkul saya dua-duanya dah cedera.lutut kiri saat jatuh dri speda motr yang kanan saat voly. yang kanan ni yg sering nyeri bahkan seperti copot/tidak pd posisinya,klo bunyi klok ya langsung lemas td bisa apa-apa.Saat bangun dri sujud mau berdiri,kadang mengsol.sudah ke ortopedi hasilnya nihil,mo oprasi ga punya uang.mohon solusinya ikhwan…

  12. cma keseleo sya pernah mas mangkuk lutut saya ada d luar btas ad d sblah kiri tdk d tngah.tp alhamdulilah sya cba d urut d cimande kbtlan rmh sya dkat.cma 2 minggu sya smbuh.trus sya cba maen bola lg,dan alhamdulilah tdk ad kndala apa2.

  13. aduhh sakitt ni lututku abis baru aja njoki drag ak jatuh lututku kalau ditekuk rasanya setengah mati ! gmn ni pengobatanya bang* mbak!
    adoooohhh sakeettt

  14. ini hampir 1 bulan saya jatuh dari sepeda dan lutut kebentur keras ke jalan aspal dan akaki ketekok…udah 1 kali ke tukang urut urat dan ke dr. tapi sampai terasa ngilu…di lulutuku dan masih sulit lututku di tekuk,kalau diluruskan udah lumayan bisa…..ada gak solusi untuk lebih cepat sembuh,mhn bantuan dan infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s