Masih Banyak SMS Spam/Iklan/Tipu-Tipu

Saya mengira pasca diterapkanya biaya interkoneksi SMS lintas operator, SMS spam, iklan dan tipu-tipu akan berkurang secara signifikan. Ternyata saya salah.

Sampai pagi hari ini, 6 hari setelah diterapkan biaya interkoneksi sms lintas operator itu, saya sudah beberapa kali menerima sms tidak dikehendaki itu. Memang jumlahnya sedikit berkurang dari sebelumnya. Kebanyakan SMS tak terkehendaki itu datangnya juga dari operator yang sama dengan operator yang saya gunakan di ponsel saya. Saya menggunakan kartu pasca payar dari Telkomsel.

Jadi sebenarnya penerapan biaya interkoneksi sms lintas operator itu menguntungkan siapa dan merugikan siapa? Kualitas apa yang bisa ditawarkan oleh operator seluler pasca penerapan biaya interkoneksi sms itu?

Coba kita lihat apa yang terjadi pada layanan SMS sampai akhir bulan. Namun tetap saja biaya interkoneksi sms lintas operator tidak bisa dibatalkan meski layanan operator tidak membaik ya. πŸ˜€

Iklan

13 thoughts on “Masih Banyak SMS Spam/Iklan/Tipu-Tipu

  1. Biaya interkoneksi itu apa ya? Aku telat tau..

    Lha emang kalo antar operator setahuku emang lebih mahal kan ya, dibanding sesama operator. Ada biayanya lagi kah?

  2. SMS itu semestinya lebih dipermurah, mendekati gratis

    http://www.nytimes.com/2008/12/28/technology/28iht-digi.1.18953204.html?_r=1

    A better description might be “cost carriers very, very, very little to transmit.” A text message initially travels wirelessly from a handset to the closest base-station tower and is then transferred through wired links to the digital pipes of the telephone network. Then, near its destination, it is converted back into a wireless signal to traverse the final leg, from tower to handset. In the wired portion of its journey, a file of such infinitesimal size is inconsequential.

    Srinivasan Keshav, a professor of computer science at the University of Waterloo, in Ontario, said: “Messages are small. Even though a trillion seems like a lot to carry, it isn’t.”

    Perhaps the costs for the wireless portion at either end are high – spectrum is finite, after all, and carriers pay dearly for the rights to use it. But text messages are not just tiny; they are also free riders, tucked into what’s called a control channel, space reserved for operation of the wireless network. That’s why a message is so limited in length: it must not exceed the length of the message used for internal communication between tower and handset to set up a call. The channel uses space whether or not a text message is inserted.

    kalau kemudian disalahgunakan tukang nyepam, ya mereka dong yang dikejar. Ini malah dibebankan ke konsumen umum, pemerintah keblinger

    trivia: biaya sms lebih mahal 4x lipat daripada biaya transmisi data teleskop Hubble http://phys.org/news129793047.html

  3. Saya jarang SMS sih, jadi kalau menerima SMS yang iklan2 gitu suka sebel aja…kalau yang dengan menunjukkan nomer ini bia dapat disc. 20% – 40% di kafe ini, di Boutique ini gitu saya masih suka…tapi kalau yang typical Mama minta pulsa, atau sejenisnya yg menawarkan sesuatu yang lebih menipu dan SPAM bener2 terganggu kalau saja SMS di masukkan ke SPAM box lalu dia kebaca SPAM seterunya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s