Telapak Tangan Ngglodoki

Saya tidak tahu apa kata ngglodoki dalam bahasa Indonesia. Kata ngglodoki dipakai oleh orang Jawa untuk menyebut telapak tangan yang kering-kering, bersisik dan mengelupas kadang disertai rasa gatal.

Sehabis bangun tidur siang ini tangan saya terasa panas dan sedikit gatal. Rupanya ada yang tidak wajar terjadi pada telapak tangan saya. Ngglodoki. Saya tidak tahu pasti apa penyebab tangan saya ngglodoki seperti ini. Dugaan saya, barangkali karena kemarin mencuci sandal gunung dengan deterjen yang tidak biasa saya pakai. Kalau memang benar karena deterjen, ya itu salah saya sih. Kenapa kemarin tidak ke warung membeli deterjen yang biasanya saya pakai. Kenapa hanya menggunakan deterjen seadanya. πŸ˜€

Sebelum menulis posting ini, saya mencoba googling untuk mencari cara cepat mengatasi telapak tangan ngglodoki ini. Saya pikir tangan kering mengelupas dan gatal adalah masalah yang sering terjadi pada banyak orang. Ada beberapa penjelasan di internet tentang telapak tangan nggoloki ini. Kebanyakan penjelasan di internet mengatakan penyebab tangan ngglodogi kebanyakan adalah benar karena terjadi alergi. Namun yang saya cari adalah obat/solusi cepat untuk mengatasi tangan ngglodoki. Ini belum saya temukan.

Mungkin ada teman-teman yang mempunyai tips cepat mengatasi telapak tangan ngglodoki. Saya tidak mau terlalu lama telapak tangan bersisik seperti ular yang sedang mbrungsungi. πŸ™‚

Iklan

14 thoughts on “Telapak Tangan Ngglodoki

  1. Sudah lama di Jogja, saya masih jarang dengar istiliah nglodoki.

    Apa yang terjadi pada Pak Jarwadi mungkin bisa disebut sebagai Dermatitis Kontak, tepatnya Dermatitis Kontak Iritan (DKI). Tapi ya ini adalah kemungkinan, karena ya kalau mau diagnosis pasti mesti ke dokter atau klinik dermatologi biar bisa diperiksa langsung.

    Detergen memang mengandung bahan iritan yang lemah, namun bisa bersifat kumulatif (atau menumpuk) dalam selang waktu yang lama. Beberapa mungkin sifat iritannya cukup kuat hingga menimbulkan manifestasi seperti Pak Jarwadi alami.

    Beberapa mungkin juga akan menggolongkannya dalam Dermatitis Kontak Alergi (DKA), tergantung sih proses terjadinya.

    Terapinya ya menghindari bahan alergen, kalau untuk gejala rasa gatalnya mungkin bisa dibantu dengan obat-obatan antihistamin yang bisa diminum jika muncul rasa gatal saja. Kalau untuk sensai panasnya yang disebabkan oleh proses peradangan (yang juga merusak struktur kulit), obat-obatan steroid yang dioleskan (topikal) akan membantu.

    Prinsipnya sih itu saja, kalau penjelasan panjang lebarnya ada banyak di Internet, seputar Dermatitis Kontak, atau Contact Dermatitis – sama saja :).

  2. Mending ke dokter kulit aja mas πŸ˜€
    Daripada kenapa2 nantinya, jangan disepelehin πŸ˜€
    Tapi kalo saya sih saya biarin aja, soalnya emang gak pernah parah, biasanya cuka kecil2 doang, wkwkkw…

  3. Kalau saya sih biasanya habis pegang detergen langsung pakai pelembab Mas. Jadi gak sampai kering dan gatal-gatal. Tapi untuk memastikan apa yg terjadi, emang sebaiknya Mas Jarwadi ke dokter. Atau langsung saja ke apotik cari obat. Bilang saja kasusnya sama si tukang apotik. Biasanya untuk masalah ringan seperti ini mereka punya solusi πŸ™‚

  4. Allhamdulillah semua pekerjaan rumah tangga saya kerjakan sendiri tapi tangan saya mulus hihihi. saya rajin pakai lotion, atau kalau sedang kasar gitu pakai decubal, coba deh waktu itu saya dikasih resep oleh dokter kulit tapi cream itu bebas dibeli diapotik

  5. Aku juga udah 3thn tapi nantinya sembuh trus kambuh lagi sape -sampe kulit ku kering ,pecah-pecah,trus terasa sakit.tapi aneh nya cuma ujung telapak jari aja yg mengelupas aduuuh…. jdi bingung obat nya apa ya mau ke dokter si tpi blum pinya obat nya .minta saran dong baik nya saya bgaimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s