Deklarasi ASEAN Blogger

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit,  acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.

2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.

3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.

4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.

5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.

6. We, the ASEAN bloggers commit to:

a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.

b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.

c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.

d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.

7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.

Declared in Bali, 16th November 2011.

Copy paste dari blog Mas Iman Brotoseno di sini. Adalah deklarasi ASEAN blogger yang dibuat dalam waktu yang sangat singkat, padat dan persiapan yang terbatas di Museum Pasifika Nusa Dua Bali di Konferensi ASEAN Blogger pada tanggal 16 November 2011.

Sebelumnya, tidak terbayang bagi saya akan dihasilkan sebuah naskah deklarasi dalam waktu yang sesingkat itu. Saya belum mempunyai gambaran apa-apa pada saat diundang. Poin-poin diskusi baru saya ketahui ketika siang itu saya tergabung dalam  kelompok diskusi C yang dipandu oleh Herman Saksono. Seorang teman blogger dari Yogyakarta.

Dari poin-poin diskusi yang oleh panitia ditentukan berbeda-beda untuk masing-masing kelompok diskusi. Ada tiga kelompok diskusi A, B, C. Yang hasilnya kemudian diplenokan.

Suasana dan Waktu pleno yang menurut saya kurang kondusif. Kurang kondusif karena kebanyakan peserta pleno sudah lelah. Kurang kondusif karena pleno hanya dibatasi sampai jam 19:00 WITA karena selanjutnya ada acara diner dengan Kemenlu. Tentu saja tidak akan bisa memproses banyak sekali ide, gagasan dan usulan dari banyak peserta pleno.

Saat itu saya tidak bisa membayangkan betapa tidak mudahnya posisi moderator sekaligus notulen pleno. Sama kesalnya dengan beberapa pendapat yang belum bisa diakomodir.

Jadi tidak mengherankan apabila kemudian ada ketidakpuasan-ketidakpuasan dari banyak pihak akan naskah deklarasi yang kemudian dibacakan pada saat acara gala diner.

Tetapi saya sangat sepakat dengan pendapat Herman di sini, bahwa naskah deklarasi bukanlah skrip yang ditatah pada sebuah batu. Naskah deklarasi bukan sesuatu yang tidak bisa berubah.

Kemarin saya tidak sempat mencatat apa saja ide dan usulan yang berkembang di kelompok diskusi C. Saya hanya bisa memberikan tangkapan layar dari catatan yang dibuat mas Ikhlasul Amal di facebooknya dibawah ini. Catatan yang dibuat mas Amal ini juga tidak lengkap karena XL, operator GSM yang digunakan mas Amal malah ngaco sehingga ia tidak bisa melanjutkan live report di situs jejaring sosial. 😦

Iklan

13 thoughts on “Deklarasi ASEAN Blogger

  1. Wiw..singkat banget ya waktunya 😀
    Tapi hebat tuh bisa menciptakan deklarasi seperti itu 😀
    Ya..semoga aja deklarasi itu bukan sekedar ceremony ya, tapi bener2 diamalkan 🙂
    Lama nih saya gak kesini 😀

  2. dan saya juga tidak terlalu paham diskusi ini. tapi yang sayang ingat jelas blogger filipina dan juga mas Anton mengusulkan pergantian nama karena ASEAN itu urusan negara bukan urusan blogger. kelemahan menangkap percakapan mereka membuat saya tidak bisa menangkap diskusi dengan baik 🙂

  3. wah, digroup C juga ya mas? aku pikir jg ini terkendala waktu, mungkin akan lebih baik peserta sudah disiapkan materinya sebelum berangkat ya supaya diBali waktu (yg cukup singkat)nya lebih efektif.. 🙂

  4. Ping-balik: ASEAN Blogger Conference 2011 : Kandangnya Rusa Bawean

  5. Ping-balik: Ke Borobudur « Menuliskan Sebelum Terlupakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s