Keistimewaan JOGJA

Everyday is Sunday in Jogja

Itu. Dulu tertulis di kaos kaos dagadu. Sekitar tahun berapa ya 97 an kali. Everyday is Sunday in Jogja. (Kota) Istimewa. Sangking istimewanya sehingga Setiap Hari adalah Hari Minggu. Luar Biasa ya. Istimewa banget.

Iya memang Keistimewaan (seharusnya) selalu melekat dengan Jogja, dan semua yang ada di Jogja tanpa terkecuali

[ Termasuk aku juga, sangat Istimewa, unik, mbedani dan tidak ada duanya he he he ]

Tetapi mengapa pembahasan tentang keistimewaan Jogja menjadi begitu berlarut larut. Padahal masalah ini sudah ada sejak jaman Orla, Orba, sampai era Mendagrinya Mr Mardiyanto. Masyarakat Jogja termasuk dan tidak terbatas pada Paguyupan Ismawa menuntut untuk segera ditetapkan/disahkanya UU tentang Keistimewaan Jogja. Segera …

“Keistimewaan Jogja harus diposisikan pada tempat yang pas. Dalam konteks penegakan Demokrasi ( dalam hukum legal RI tidak dikenal Gubernur/Presiden Seumur Hidup), keutuhan NKRI dan Pemahaman Kesejaharan D I Y”

[ Omongan siapa ya, WoooOoooW … Lha Embuuuh ]

Yang jelas sebagai warga Ngayogyakarto hadingingrat,

Saya ingin UU Keistimewaan Jogja segera ditetapkan dengan mengacu pada pemahaman Sejarah, Aspirasi Warga Jogja Bukan kepentingan politik praktis partai partai yang oportunis ( — mengingat setahun lagi akan berlangsung pesta Demo Crazy … eh maaf “Demokrasi”) dan Kemaslahatan Bangsa INDONESIA ( dalam konteks penegakan Demokrasi )

Lan dumatheng sedoyo warga Ngayogyakarto, Monggo sami sami mberjuangaken Keistimewaan Jogja, mawi cara cara ingkang “ISTIMEWA”, kanthi adab budaya inggil, sopan santun tata kromo, penggalihan ingkang tepo sarira.

Mugi ingkang mekaten saget dados tepo thulodo tumrap daerah sanes? Ngatonaken budoyo lan peradapan Inggil Ngayogyakarto

[ Nggiiiih Mmmbbaaaah ….]

Bagaimana “Keistimewaan Jogja menurut Anda?”

5 thoughts on “Keistimewaan JOGJA

  1. Jogja….hmmm…emang istimewa kok.
    Status istimewa itu sendiri gak perlu diperdebatkan lagi, lha wong sudah jelas og.
    Kalaupun sekarang sedang hangat2nya dibicarakan ttg keistimewaan dlm hal penetapan gubernur, namun tidak hanya melulu ttg itu saja sebenarnya keistimewaan Jogja.
    Banyak hal yang musti dibahas lagi untuk kejelasan status istimewa-nya Jogja ini.
    Apa sih istimewanya Jogja???Buanyak! Gak bs disebutin semwanya,,,coba dan rasakan saja sendiri…hehe..

  2. keisimewaan jogja memang menacu dan berkaitan erat pada keraton. tanpa itu memang masyarakat jogja kurang istimewa. masyarakat jogja memang istimewa. militansinya tinggi. jadi hati-hati bagi para pihak yang ingin merongrong keistimewaan jogja. karena ulah licik ala setan bejat anda akan membuat orang jogja memisahkan diri dari nkri. kl terjadi bukan salah orang jogja, melainkan andalah yang memisahkan warga jogja dari nkri. bjingan adalah sebutan yang pantas buat anda yang ingin merongrong keistimewaan jogja. BAJINGAN DAN BENAR-BENAR BAJINGAN. BEJAT LAGI….

  3. Dulu Jogja sudah jelas-jelas diterima kok sama pendiri NKRI ini, eh sekarang mau diutik-utik lagi. Harus inget dong jasa-jasa Jogja ikut mendirikan NKRI, sekarang malah mau dikhianati. Nggak boleh menelikung gitu ah……

  4. Sebelum NKRI lahir, nagari Ngayogyakarta Hadiningrat sudah berdaulat dan diakui dunia. Dulu belanda datang menjajah hindia belanda tidak termasuk kasultanan jogja, karena kerajaan belanda dan kasultanan jogja itu sederajat. Lha sekarang kok bisa-bisanya NKRI mau mencaplok kasultanan jogja itu bagaimana?
    Tak ada kasultanan jogja tak akan ada NKRI lah…
    Kita ini gak minta diistimewakan. tapi memang dari sejarahnya jogja memang istimewa.
    Naga-naganya sih SBY mau menguasai tanah-tanah kasultanan yang diperuntukkan untuk rakyat menjadi tanah negara, seperti nasib tanah-tanah adat di daerah lain….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s